04 Mei 2009

APA SAJA HAMBATAN DALAM BERKOMUNIKASI

APA SAJA HAMBATAN DALAM BERKOMUNIKASI

Di bawah ini adalah 10 hambatan umum yang sering ditemui paa saat berkomunikasi sebagai seorang instruktur.

1. Kecepatan berbicara
• Berbicara terlalu cepat akan menjadikan peserta tidak/kurang paham.
• Berbicara terlalu lambat akan menyebabkan peserta tidak/kurang memperhatikan.

2. Komunikasi satu arah
• Tidak ada umpan balik abgi penyaji guna mengecek/mengetahui tingkat pemahaman peserta.
• Salah satu contohnya adalah materi disajikan hanya dengan menggunakan teknologi, misalnya audio dan video tape.

3. Tidak ada umpan balik
• Penyaji tidak dapat memutuskan apa yang seharusnya dilakukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik.
• Kelas yang tidak ingin terlibat dalam pelatihan tidak diberi kesempatan untuk memberikan umpan balik.

4. Tidak ada kontak visual
Pelatihan yang menggunakan teknologi semacan telpon dan komputer lebih memusatkan pada materi sehingga tidak ada umpan balik yang bersifat non-verbal.

5. Tidak ada bahasa yang sifatnya umum/ lazim
• Ketika seorang ilmuwan berbicara dengan orang awam atau birokrat dengan rakyat, mereka berbicara menggunakan jargonnya (bahasanya) masing-masing.
• Seorang konsultan yang datang dari negara atau daerah lain, dalam berbicara tidak menggunakan bahasa setempat atau tidak memahami budaya setempat.

6. Tidak ada susunan referensi yang umum/ lazim
• Perbedaan tingkat pendidikan atau pengalaman.
• Perbedaan budaya dan gaya hidup.

7. Kekacauan ide
• Penyaji dalam berbicara tanpa persiapan.
• Presentasi yang ditampilkan merupakan kumpulan ide yang serampangan dan disajikan tanpa urutan yang sesuai/ tepat.

8. Informasi yang terlalu banyak diberikan dalam waktu singkat
Lihat kasus No. 1 (kecepatan berbicara). Peserta menjalani sistem yang melebihi kapasitas (beban materi terlalu berat).

9. Redudansi/ pengulangan
Mengatakan hal yang sama secra berulang-ulang dengan cara yang berbeda menyebabkan peserta menjadi bingung dan tidak/ kurang memahami.

10. Kekecewaan/ frustasi diantara orang-orang yang terlibat pembicaraan
Hal-hal tersebut di atas menyebabkan penyaji dan peserta menjadi frustasi/ kecewa yang akhirnya dapat menimbulkan hambatan baru sehingga dapat mempersulit/ memperburuk
keadaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar